Penulisan Tentang Nasi Goreng



NASI GORENG

Nasi goreng adalah sebuah makanan berupa nasi yang digoreng dan diaduk dalam minyak goreng atau margarin, biasanya ditambah kecap manis, bawang merah, bawang putih, asam jawa, lada dan bumbu-bumbu lainnya, seperti telur, ayam, dan kerupuk. Ada pula nasi goreng jenis lain yang dibuat bersama ikan asin yang juga populer di seluruh Indonesia.

Nasi goreng juga dikenal sebagai masakan nasional Indonesia. Dari sekian banyak hidangan dalam khazanah Masakan Indonesia, hanya sedikit yang dapat dianggap sebagai makanan nasional sejati. Masakan nasional Indonesia ini tidak mengenal batasan kelas sosial. Nasi goreng dapat dinikmati secara sederhana di warung tepi jalan, gerobak penjaja keliling, hingga restoran dan meja prasmanan dalam pesta. 

Pada tahun 2011, sebuah polling Internet yang diadakan oleh CNN International dan diikuti oleh 35.000 orang menempatkan Nasi Goreng pada peringkat dua dalam daftar '50 Makanan Terlezat di Dunia' setelah rendang.

Nasi adalah sebuah bagian penting dari masakan tradisional Tionghoa, menurut catatan sejarah sudah mulai ada sejak 4000 SM. Nasi goreng kemudian tersebar ke Asia Tenggara dibawa oleh perantau-perantau Tionghoa yang menetap di sana dan menciptakan nasi goreng khas lokal yang didasarkan atas perbedaan bumbu-bumbu dan cara menggoreng. Nasi goreng sebenarnya muncul dari beberapa sifat dalam kebudayaan Tionghoa, yang tidak suka mencicipi makanan dingin dan juga membuang sisa makanan beberapa hari sebelumnya. Makanya, nasi yang dingin itu kemudian digoreng untuk dihidangkan kembali di meja makan.

Ada berbagai macam resep nasi goreng tapi unsur utamanya adalah nasi, minyak goreng, kecap manis. Selain itu banyak tambahan lain yang dapat dimasukkan, mulai dari sayuran, daging, sampai sambal, saos, kerupuk dan telur goreng.

Ini adalah cara mudah memasak nasi goreng yang saya ketahui:
·         Bahan yang diperlukan:
§  Secukupnya garam dan merica
§  Nasi sebanyak 2 piring
§  Telur sebanyak 1 butir
§  Daun bawang sebanyak 1 batang
§  Bawang putih sebanyak 2 siung
§  Secukupnya saus tomat
§  Bawang merah sebanyak 3 siung
§  Secukupnya minyak goreng
§  Cabai rawit sesuaikan dengan selera anda

·         Bahan tambahan:
§  Kerupung
§  Daging ayam
§  Sosis
§  Bakso
§  Udang
§  Nugget ayam
§  Bawang goreng

Cara membuat nasi goreng spesial enak dan mudah
  1. Haluskan bahan seperti cabai, bawang putih, bawang merah. Kemudian tumis semua bahan tersebut hingga beraroma harum.
  2. Masukkan bahan pelengkap seperti udang, daging ayam atau apapun sesuai selera anda. Aduk hingga merata, kemudian tambahkan telur dan aduk-aduk supaya merata.
  3. Sekarang giliran nasi putih yang di masukkann, aduk hingga nasi tercampur rata dengan semua bumbu dan pelengkap.
  4. Tambahkan saus tomat, garam dan merica. Sambil aduk-aduk terus ya hingga nasi gorengnya matang. Angkat dan siap disajikan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH ILMU PENGETAHUAN TEKNOLOGI DAN KEMISKINAN

MAKALAH KONFLIK SOSIAL DAN KEBUDAYAAN

Hubungan Sastra, Masyarakat, dan Kebudayaan